Sabtu, 08 Februari 2014

Ujian Nasional ( UN )





Saya 1 dari jutaan pelajar yang sangat heran dengan sistem keputusan para pemerintah . Ujian Nasional salah satunya , ini lebih seram dari hantu,monster ataupun siluman yang ada di muka bumi , Ujian Nasional adalah hal yang sangat mengerikan,menakutkan,dan menghantui untuk para pelajar tingkat akhir .Ditambah lagi , setiap tahun selalu saja ada perubahan sistem ujian nasional , contohnya tahun lalu dilaksanakan dengan 5 macam paket . Tahun ini tiba-tiba saja para ‘orang hebat’ yang ada di pemerintahan memutuskan untuk mengadakan ujian nasional dengan 20 paket . Loh ? Kok ?
Yang saya herankan , kok gak nanya dulu pendapat para pelajar yang bakal ngejalanin ujian nasional ini , kok gak di tanya “Apa mereka setuju ? Apa mereka siap ? Apa mereka keberatan” . Seolah-olah semua keputusan akan sistem yang dibuat mereka sudah kami setujui .

Seharusnya segala sesuatu , segala keputusan harus atas kesepakatan bersama agar tidak ada pihak yang dirugikan . Memangnya mereka yang membuat peraturan dan keputusan-keputusan itu tau siap tidaknya kami sebagai pelajar menghadapi ujian nasional ? “Babak belur” mengejar dan mengular seluruh materi dari kelas 1-3 . Mempelajari kembali 6 mata pelajaran sekaligus .

Apa mereka pernah bertanya “Bagaimana rasanya menghadapi UN ?” . Walaupun kelulusan skg adalah akumulasi 60% nilai UN dan 40% nya nilai sekolah , tetap saja rasa takut selalu menghantui pelajar , “Apakah saya lulus ? Apakah saya lulus ? Apakah saya lulus” , hal ini akan selalu menghantui kami . Mereka bilang UN adalah evaluasi belajar , bla bla bla ….. . Apa mereka tau pendapat pelajar mengenai UN ? saya rasa tidak.

Sebaiknya pemerintah membuat semacam forum ataupun voting untuk para pelajar atas segala kebijakan,keputusan dan segala sesuatu yang melibatkan para pelajar, agar mereka tau jeritan dan keluhan para pelajar , agar mereka tau apa yang dirasakan para tunas bangsa ini , agar mereka tau apa yang diinginkan oleh para pejuang bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar