Kamis, 20 Maret 2014

NASA Bercocok Tanam di Bulan untuk Meneliti Kehidupan Luar Angkasa

Bercocok Tanam di Bulan

pernah tida di bayangkan bagaimana bisa bercocok tanam di luar angkasa? Mungkin bagi Anda itu merupakan hal yang mustahil untuk terwujud ataupun dilakukan. NASA berusaha mewujudkan hal yang dianggap mustahil tersebut. Penelitian ini dilakukan oleh NASA sebagai bagian dari langkah awal untuk menentukan bisa atau tidak terdapat kehidupan luar angkasa di sana.

Percobaan pertama kali yang dilakukan NASA kali ini dengan menanam tumbuhan di planet lain atau di luar angkasa. Prosesnya ialah menempatkan benih tanaman dalam suatu tabung khusus yang bernama Lunar Plant Growth Chamber. Tabung ini nantinya akan membawa udara yang diprediksi cukup untuk 10 hari. NASA memperkirakan bahwa benih didalam Lunar Plant Growth Chamber akan tumbuh dan mulai bertunas setelah lima hari. Nantinya, benih yang akan ditanam diluar angkasa bukan hanya bertujuan untuk menguji apakah planet lain dapat ditanami tumbuhan dari bumi, melainkan juga agar nantinya para astronot yang bertugas di luar angkasa dapat menanam bahan makanan sendiri untuk kehidupan luar angkasa.

Rangkaian percobaan untuk menanam tumbuhan di planet lain oleh NASA ini merupakan bagian dari Moon Express Lander yang mulai diluncurkan pada 2015 nanti. Moon Express Lander sendiri adalah proyek komersial untuk dapat mendarat di Bulan. Dalam pernyataan resminya, NASA mengungkapkan bahwa tanaman akan tumbuh di bulan dengan sinar matahari alami. Dan nantinya, tanaman akan bertumbuh dengan media kertas filter yang memiliki kandungan nutrisi.

Mungkinkah Manusia Bisa Hidup di Bulan?

NASA pun mengungkapkan bahwa nantinya bila proyek menanam tanaman di Bulan tersebut sukses, maka tak tertutup kemungkinan bahwa mimpi agar manusia dapat hidup di Bulan dapat terwujud. Dan bila kehidupan luar angkasa terutama di Bulan dapat terwujud, tentunya mimpi para manusia untuk menjelajah ataupun berlibur ke luar angkasa juga dapat terwujud.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar