Sabtu, 24 Mei 2014

Manfaat Tidur Siang

 
Manfaat Tidur Siang

Tidur di siang hari ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Berikut ada beberapa manfaat bila kita tidur di siang hari:

1. Tidur siang dapat memberikan waktu istirahat cukup sehingga membuat tubuh lebih segar. Tidur siang juga membantu dalam peremajaan anggota tubuh.

2. Tidur siang ternyata mampu mencegah penyakit jantung. Jika kita melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. Berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika kita terbangun.

3. Tidur siang mampu membantu menurunkan tingkat stress yang dimiliki. Banyaknya aktivitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang dengan terlalu banyak berpikir secara terus menerus, hal itu bisa menjadi beban bagi otak dan stress yang berlebihan. Berapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani kita harus bisa luangkan waktu untuk tidur siang. Walaupun hanya beberapa menit saja. Karena tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

4. Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

5. Orang yang melakukan tidur siang juga memberi kekuatan memori dan meningkatkan konsentrasi. Kekuatan tidur siang membuat kita menjadi segar, meningkatkan konsentrasi dalam berpikir dan fokus pada hal-hal yang lebih baik. Hal ini menyebabkan lebih baik, retensi observasi dan memori.

6. Setelah tidur siang, marah-marah kita menjadi berkurang serta menghilangkan rasa lelah. Hal ini jelas meningkatkan kualitas percakapan lebih baik sehingga hubungan dengan teman dan keluarga juga mempunyai kualitas

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar