Sabtu, 21 Juni 2014

Remaja 14 Tahun Tak Sengaja Hack Mesin ATM


Remaja 14 Tahun Tak Sengaja Hack Mesin ATM

Dua orang remaja laki-laki berusia 14 tahun asal Kanada tanpa sengaja berhasil menyerang sistem atau melakukan hack pada sebuah mesin ATM.

Keduanya ialah Matthew Hewlett dan Caleb Turon. Mereka berhasil mendapatkan akses ke mode operator ATM Bank of Montreal dengan cara menggunakan layanan manual online lama. Namun mereka tidak memanfaatkan hal tersebut untuk membobol uang.
Para siswa kelas sembilan itu mengaku terkejut ketika mereka memasukkan enam digit password yang merupakan hasil tebakan dan ternyata merupakan password default untuk mendapatkan akses ke operator mesin tersebut.
Setelah mendapati hal tersebut, keduanya meninggalkan catatan di layar ATM yang menyebut bahwa ATM tersebut telah di-hack.

“Kami pikir akan menyenangkan untuk mencobanya, tapi kami tidak mengharapkan hal itu terjadi,” aku Hewlett seperti dikutip Daily Mail.
Keduanya kemudian melaporkan kejadian tersebut ke cabang bank lokal. Namun staf bank tidak percaya dan meminta bukti hack yang mereka lalukan.
Hewlett menjelaskan bahwa mereka kemudian kembali ke mesin ATM tersebut dan kembali menyusup ke modus operator untuk mengambil sejumlah uang.
Uang tersebut mereka jadikan bukti ke bank tersebut
Menyadari hal tersebut, manajer bank segera menindaklanjuti dengan serius laporan kedua remaja itu.

Pihak bank segera memblokir akses ke mesin ATM tersebut dan melakukan pembaharuan sistem bank untuk mencegah insiden serupa terjadi.

1 komentar: