Minggu, 22 Juni 2014

Shinobi dan Kunoichi yang memiliki sisi lain dalam diri mereka


Shinobi dan Kunoichi yang memiliki sisi lain dalam diri mereka

kali ini saya mengulas singkat Shinobi dan Kunoichi yang memiliki sisi lain dalam diri mereka. "Sisi lain" yang saya maksud disini adalah seperti diri lain yang ada dalam diri mereka, yang biasanya cenderung terlihat sebagai sisi gelap dari seseorang yang cenderung mempengaruhi orang tersebut. Nahh siapakah shinobi dan kunoichi tersebut? lets check it

1. Naruto
Naruto ternyata memiliki sisi lain dirinya lho sobat, yaitu Dark Naruto (Yami Naruto) yang sempat muncul saat Naruto belajar mengendalikan bijuu di Air Terjun Kebenaran NS chp 493; eps 243-244). Ini digambarkan sebagai sisi gelap Naruto dengan segala hal negatif yang ada dalam dirinya. Memunculkan emosi emosi masa lalu Naruto yang jauh terpendam di masa lalu dalam bawah sadarnya. Namun, dalam eps tersebut Dark Naruto itu menyebut dirinya adalah "diri Naruto yang sebenarnya", sebuah sisi gelap yang disukai oleh kyuubi. Dark Naruto inilah yang harus dikendalikan Naruto, yang membawa emosi kebencian, kesepian, keterasingan dan rasa sakit.

2. Sakura
Kunoichi cantik satu ini juga pernah diperlihatkan memiliki sisi lain yang disebut Inner Sakura (Uchiy Naru Sakura; Naruto chp 73 dan eps Naruto kecil). Diperlihatkan sebagai sisi lain Sakura yang menunjukkan emosi dan perasaan yang sebenarnya dari Sakura, dimana sikap lahiriahnya menunjukkan yang sebaliknya. Biasanya diperlihatkan dalam mode hitam dan ditandai dengan "shannaroo". Dengan adanya inner Sakura inilah membuat Sakura terlihat berkepribadian ganda, karena ada saat tertentu inner Sakura ini mengambil alih kesadaran Sakura dan mengambil tindakan nyata, seperti saat Sakura terjebak dalam teknik shitenshin no jutsu milik Ino, namun Sakura dapat melepaskan diri dari teknik ini saat Inner Sakuranya muncul.

3. Yakumo Kurama
Gadis keturunan terakhir cabang utama klan Kurama ini adalah seorang gadis yang mewarisi bakat khas dan langka klan Kurama, yang disebut Ido (Naruto eps 203), sehingga dia bisa disebut juga sebagai pewaris klan Kurama. Sama halnya dengan Naruto, Ido ini merupakan sisi gelap dari Yakumo. Namun berbeda dengan Naruto dan Sakura yang memiliki sisi lain dalam wujud yang sama dengan dirinya, Ido Yakumo justru berwujud seperti monster yang cenderung menguasai dan mempengaruhi kesadaran Yakumo. Ido inilah yang bisa mewujudkan sebuah genjutsu tingkat tinggi, karena genjutsu yang dihasilkannya bukan hanya mempengaruhi psikis dari targetnya, tapi juga menyata dalam dunia fisik. Hal ini bisa terjadi saat Yakumo melukis sesuatu dan lukisannya ini menyata di alam fisik, seperti saat ia membunuh kedua orang tuanya melalui lukisannya, namun Yakumo sendiri tidak menyadarinya.
Dalam trivia, Iblis Ido Yakumo ini mengacu pada konsep Id dalam teori Psikoanalisa Sigmund Freud, yang merupakan sistem kepribadian dasar manusia yang dibawa sejak lahir, dan ada dalam setiapy.pribadi manusia, sebagai naluri lahiriah yang mencakup pemenuhan kesenangan fisik. Sedangkan dalam cerita ini merujuk ke bagian insting dan gelap dari pikiran manusia, mencerminkan impuls destruktif dari kepribadian lain Yakumo / sisi gelap Yakumo.

*Note:
Jika Dark Naruto muncul saat ia belajar mengendalikan bijuu di Air Terjun Kebenaran, menurut saya ada kemungkinan Dark (sebagai sisi lain / sisi gelap) ini bisa juga dimiliki oleh jinchuriki lain selain Naruto, karena di eps 243 itu juga disebutkan bahwa Bee sebagai jinchuriki Hachibi pernah juga berlatih pengendalian bijuu di Air Terjun Kebenaran. Maka tak menutup kemungkinan jinchuriki lain pun bisa mengalami hal yang sama dengan Naruto jika berlatih pengendalian bijuu di Air Terjun itu.
Namun, tak pernah disebutkan bahwa apakah kemunculan Dark ini memang murni Dark yang berasal dari sisi terdalam seseorang (dalam hal ini jinchuriki) ataukah hanya efek Air Terjun yang berfungsi sebagai cermin untuk memantulkan sisi lain seseorang dalam upaya mendidik mentalnya tersebut. Dan juga tak pernah disebutkan apakah efek yang sama juga bisa terjadi pada orang lain selain jinchuriki atau tidak.

Yup sekian artikel kali ini.Shinobi dan Kunoichi yang memiliki sisi lain dalam diri mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar